Selasa, 16 September 2008

berenang

Berenang

(Dialihkan dari Renang)
Langsung ke: navigasi, cari
Berenang dengan gaya dada.
Berenang dengan gaya dada.

Berenang adalah kegiatan yang bisa dilakukan di mana saja selama terdapat air yang cukup untuk berenang. Berenang di sungai sangat berbahaya, karena kamu dapat dihanyutkan arus sungai dan juga terkena penyakit seperti gatal-gatal pada kulit, iritasi mata, berkurangnya pendengaran, dan penyakit lainnya.

Berenang di kolam renang akan lebih aman karena setidaknya tidak terdapat arus, bakteri penyebab penyakit juga dikendalikan dengan pemberian kaporit, di samping itu pergantian air yang teratur akan lebih meningkatkan kualitas air kolam renang yang sehat. Mengenakan kacamata dan lotion adalah tindakan menanggulangi gangguan terhadap kulit dan mata.sebab jika tidak dapat membuat mata menjadi iritasi dan lain sebagainya.

[sunting] Sejarah

Lukisan-lukisan tentang perenang dari Zaman Batu telah ditemukan di "gua perenang" berdekatan Sura di Mesir barat daya. Rujukan-rujukan bertulis wujud sejak dari 2000 SM. Pada tahun 1538, Nicolas Wynman, profesor bahasa anak Jerman, menulis buku pertama tentang renang. Renang pertandingan di Eropa bermula pada sekitar tahun 1800, kebanyakannya menggunakan gaya dada. Gaya rangkak depan, ketika itu dipanggil gaya trudgen, diperkenalkan pada tahun 1873 oleh John Arthur Trudgen selepas menirunya dari orang-orang asli Amerika.

Renang merupakan salah satu acara dalam Perlombaan Olimpiade Musim Panas 1896 di Athena. Pada tahun 1900, gaya punggung dimasukkan ke dalam Perlombaan Olimpiade sebagai suatu acara. Pada tahun 1902, gaya trudgen terbaik dimenangkan oleh Richard Cavill, menggunakan tendang keribas. Persatuan renang dunia yang pertama, Federation Internationale de Natation, dibentuk pada tahun 1908. Gaya kupu-kupu yang pada awalnya merupakan salah satu kelainan gaya dada diterima sebagai suatu gaya tersendiri pada tahun 1952.


Tidak ada komentar: